Extra Ordinary


Assalamu’alikum wr.wb
Segala puji bagi Allah, karenaNya kita masih mempunyai energy keimanan ini
karenaNya,aura kesholehan sahabat-sahabat, temen-teman masih dapat kita rasakanmeskipun sedikit demi sedikit buyar…
karenaNya, masih diberikan nafas-nafas ruhani yag menghantarkan jantung kita menjadi lapang, tidak sesak oleh ambisi kita…
karenaNya, kenikmatan berjama’ah itu kita bisa rasakan, syukur kita mengalahkan segalannya…
karenaNya, kita menjadi orang-orang asing, orang-orang aneh, extra ordinary,,,karena dalam lingkungan itu kita bias menemukan cahaya diatas cahaya,,,
dan karenaNya pula, saya bias menulis tulisan ini untuk seseorang yang begitu dikagumi banyak orang. Mudah-mudahan Allah selalu menutupi aib-aibnya dan merahmatiNya…
Rasulullah,,,,sholawat dan salam tercurahkan tetap tercurahkan kepadamu, begitu suri tauladanmu membuat diri membatasi dari orang-orang yang tidak mengikuti sunahmu.

Saudaraku….
Banyak orang yang tidak mau berubah, tidak mau menjadi lebih baik, stagnan, terserah gue, dan yang paling jahil adalah mereka mengaungkan semboyan,”Be self : jadilah diri sendiri”. Jangn turuti orang lain. Merekalah yang hidupnya hanya utuk dirinya sendiri. Tidak ada tempat bagi orang lain untuk diam dan mendekati orang yang diharapkan ada manfaatnya. Itulah mereka yang sayyid qutub katakan sebagai orang kerdil, orang kecil, dan orang lemah. Jangan tanyakn arti hidup, karena kalimat itu sangat asing bagi mereka. “Perut dan kemaluan” itulah hidup mereka. Walaupun tameng dan selimutnya kegiatan social, masalah umat dsb jika ada oppurtunis(keuntungan bagi dirinya), mereka akan melakukanya. Karena yang pikirkan hanyalah dua hal tadi.
Saudaraku…
Islam adalah Rahmatan lil ‘alamin, segalanya sudah tersedia, betapa syari’at-syariatnya begitu menawan hati, begitu masih misteri, bahakan orang-orang barat mulai meneliti islam, mereka dibuat penasaran tentang apa yang termaktub dalam Al-Qur’an dan hadist…bukti-bukti kebenaran mulai terkuak. Jika saja orang-orang non Islam begitu semangat untuk mempelajari,,,kenapa kita umat Islam tidak bangga dengan kebahagiaan ini…kenapa kita tidak jaga kenikmatan ini..kenapa tidak kita lebih giat untuk menguak misteri al-islam ini…
Saudaraku…
Perubahan adalah segalanya,,,tanpa perubahan, lalu apa bedanya kita dengan hewan yang tidak mempunyai otak utuk berpikir???
Dan tentunya perubahan positif, kearah yang benar dan jalan lurus…
Dan inilah yang mendorong saya untuk mengklaim , menjusttifikasi dan ingin menyebarkan apa uang menjadi prinsip-prinsip perubah yang totalitas yang diwariskan oleh Rasulullah, sahabat-sahabat, salafu shaleh dan ulama-ulama yang benar…EXTRA ORDINARY. Ungkapan yang kedengarannya aneh,,,dan memang dari ungkapan saja terasa aneh apalagi jika kita masuk kedalamnya.

Bismilah, inilah singkat berdasar pada apa yang ada di hati ini…
Keterasingan…
Sebuah kata yang ketika anda mendengarnya pun, image yang terkuak dari kata itu meluncur deras. Dijauhi orang, dibenci orang, tidak wajar, beda sama orang lain, aneh, bahkan bias dikatakan gila atau stress, dan pelbagai celaan negative merayap kata yang kokoh itu. Sebenarnya, jika kita mempunyai cahaya penglihatan yang bersumber dari hati akan terkuaklah sebuah fenomena yang benar-benar terbalik, image itu tetap ada yang kemudian dengan sendirinya akan tersaring dengan sebenar-benarnya saringan dengan sangat menawan andai jika kita bisa melihatnya.
Keterasingan…
Adalah kata yang akan melemahkan, berfikir negative, takut dikucilkan, takut menderita, takut celaan orang-orang yang suka mencela, takut tawaan orang-orang yang suka menertawakan diperuntukan bagi mereka yang tidak mempunyai iman dan taqwa. Kepada mereka saya katakan,”Silahkan anda menjauhi kami, mungkin anda tidak butuh kebaikan, karena mungkin anda banyak kebaikan,yang dirasa akan menyelematkan anda dari siksa api neraka!!!”
Keterasingan…
Adalah kata yang menguatkan, memberi nafas kehidupan, menyegarkan, membuka tirai cahaya hati, memberi semangat, membuat tubuh terhuyung menjadi tegap, membuat mata kantuk ini segar, membuat hati ini terhapus dosanya, membuat tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya membawa kemaslahatan ini diperuntukan bagi mereka yang Beriman dan Bertaqwa. Dan tentunya keimanannya adalah sebenar-benar iman. Bukan hanya lisan, bukan hanya teori, bukan hanya pengalaman. Kepada mereka saya katakan,” Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah dan kuatkan kesabaranmu. Dan tetap berpegang teguhlah dan bertaqwalah, niscaya kamu beruntung!!!”

Ekstra ordinary…
Ekstra bisa diartikan lebih,terlalu. Sedangkan ordinary bisa diartikan aneh, over, tidak wajar, dll. Jadi secara istilah ekstra ordinary adalah orang-orang yang luar biasa, tidak lazim, diluar kebiasaan, orang aneh.
EO tidak terlepas dari dua jenis:
1. Diluar kebiasaan. Gila,stress, tidak tahu malu termasuk katagori ini. Dan ini EO yang negative harus dijauhi.
2. Luar biasa. Prestasi yang diatas rata-rata, berhasil mencapai puncak, outstanding performent. EO positif yang harus didekati.
Adalah tidak berlebihan hanya dua katagori. Karena jika dibahas maka semuany akan mengerucut kedalah dua hal itu.
Lihatlah…
Nuh a.s yang berdakwah tidak kenal lelah, siang malam, bertaqwa dan berilmu ternyata orang-orang menjauhinya dengan tidak lazim(menyakitkan) lari dengan menyumbat telinga-telinga mereka! Sempat beliau pesimis, tapi Allah meneguhkannya sehingga optimis kembeli berkibar…EO kah Beliau???
Ibrahim a.s dianggap aneh karena semua orang diwaktu itu menyembah berhala patung, lata, uzza, manna, dan salwa sedangkan Ibrahim a.s lebih senang menyendiri dan lebih condong mencari Tuhan yang didapat dari malam, bulan, sampai matahari…dan akhirnya menemukanNya,EO kah beliau???
Lihatlah Ismail a.s sebelum Allah memberikan karunia yang melimpah, ayahnya Ibrahim bermimpi menyembelih anaknya Ismail. “ Ayah, jika itu datang dari Allah, turuti perintahnya, sungguh aku termasuk orang yang sabar.” EO kah Ibrahim dan Ismail???
Rasulullah SAW yang ketika akan wafat. Sejatinya beliau mengumpulkan keluarganya untuk berwasiat tentang harta, istri dan anak-anaknya, tapi..”Ummati..ummati…bagaimana umatku kelak??? EO kah beliau???
Umar bin Khattab selama kekhalifahan beliau setiap malam meronda…lalu ketika mengambil makanan di baitul mal untuk orang yang didapatinya kelaparan sampai hanya menggoreng dan menanak batu dengan dipanggul keatas bahunya yang sekarang mulai rapuh dengan jarak yang sangat jauh. “Maukah engkau menanggung dosa-dosaku kelak di akhri nanti???” tegas Umar ketika pembantunya menawrkan bantuan. Eo kan beliau???
Ulama-ulama salaf bergembira ketika malam datang, karena mulai meninggalkan dunia dan bercengkrama dengan Allah. Bahkan ada salah seorang di tempat shalatnya ada sundutan api. Ketika kantuk mulai merayap mata mereka, langsung disundutkan ke tangannya dan berkata,” apakah api neraka itu tidak membuat engkau melek dan terjaga???”
Dan sampai….

Saudaraku….
Orang yang bermental miskin tidak akan bermental kaya, orang yang bermental kaya tidak akan bermental miskin, dan FASILITAS TERBAIK DIBERIKAN TIDAK DIBERIKAN KEPADA ORANG BERMENTAL EKONOMI!!!
Bagaimana keutamaan-keutamaan dalam Al-Qur’an dan hadist itu dilupakan begitu saja oleh EO?
Contoh: kita tahu berjama’ah, di mesjid, dan shaf yang paling depan adalah pahalanya berlipat ganda. Adakah mereka memburu itu?bukankah mereka malah sholat dirumah, munfarid, bahkan ketika dimesjid shafnya ingin dibelakang atau pojok saja??? Apakah mereka lupa atau mereka bermental pahala sedikit???
Saudaraku…
Mungkin penjelasan tentang EO yang sedikit itu bisa menambah image dan hakikat kita tentang itu. Dan pemahaman itu akan bertambah sesuai dengan kurun waktu, kerja keras, mengimplementasikan Al-Qur’an, dan pengalaman-pengalaman yang syarat dengan makna.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang berhasil saya rumuskan. Ingatlah ini diperuntukkan jika mereka mau…!
Adapun indicatornya supaya lebih cepat didingat : CARE
• Commitment
Komitmen/istiqomah adalah bermula segalanya. Jika kita lihat islam, maka jelaslah yang akan dibanggkannya adalah komitmen. Ia akan muncul ketika prinsip Al-Qur’an dan hadist selalu dipegang teguh dan berupaya dilaksanakan. Tidak ada sesuatu yang mustahil,,,jika kita percaya Allah.
• Achievment past oriented
Allah melihat proses bukan hasilnya. Dimana saja berada, waktu kapanpun orang-orang ini selalu menikamati episode-episode kehidupannya. Tuntutannya adalah jangan menuntut hasil apa yang dikerjakan tapi apa yang telah saya berikan untuk pekerjaan ini. Ia menikmati betul perjalanannya. Intinya,,,bekerja,,,lakukanlah,,jangan banyak bicara.!!!
• Responbility
Sebuah kemampuan bertanggung jawab dalam segala hal. Dan ini adalah syarat mutlak bagi seorang pemimpin. Kemampuan untuk merespon berbagai tindakan, berbagai pandangan. Dan respon itu akan positif jika kita tidak segera cepat bertindak, mengklaim, tanpa kita mendengar dan memahami itu semuannya.
• Enthutiastic
Timbul energy, vitalitas, semangat itu akan mempengaruhi aura kita. Inner beauty(kecantika tersembunyi) akan mengalahkan kecantikan luar, akan kekal. Pernahkah kita melihat seseorang (walaupun baru kita lihat) ada kenyamanan, ketenangan, dam kedamaian dekat dengannya??? Selalu memberikan kita semangat baru…
Karena sesungguhnya mereka itu mengirimkan sinyal-sinyal positf dan kita menerimannya.

Saudaraku…
Alhamdulillah, akhirnya terselesaikan juga. Afwan bila ada kesalahan-kesalahan. Jika itu kebaikan, datangnya dari Allah, dan jika itu kejelekan, datangnya dari hamba dhoif dan fakir ini.
Semoga bermanfaat, dan semoga EO-EO bertebaran membawa warna yang sangat agung dalam hidup ini, bahkan saya harap warna agung-agung itu akan diperebutkan, akan diharapkan…

Assalamu’alaikum Wr Wb

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Refleksi Syah Dasrun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger