Surat terbika


Assalamualikum…
Segala puji bagi Allah, sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Kenyataan yang ada saat ini adalah kita ingin mengenal lebih jauh tentang kondisi seseorang, kita maupun orang lain, bagaimana kita mengenal mereka tidak sebatas penglihatan fisik semata, tapi penglhatan Bashirah akhirnya. Namun bagaimana kita mengenal bashirah itu, jika kita tidak pernah masuk kedalah rukunnya???
Hanya orang-orang yang bijaklah yang sanggup menembus itu,,,keimanan mereka diluar batas logika manusia-manusia biasa…yang akhirnya timbullah cahaya yang menyejukkan, mendamaikan, dan membuat enggan untuk tidak dekat dengan mereka…
Merekalah orang-orang yang sanggup menyelam kondisi seseorang, bagaimana seharusnya mereka berbuat, bahakan mereka mampu mengambil mutiara-mutiara lebih banyak dan lebih dalam dari yang empunya. Akhirnya kondisi seseorang itu dapat terlihat oleh orang yang mempunyai kekuatan itu dan mencoba untuk menuntun langkah yang empunya supaya mengenal lebih dalam…
Tapi berkedok dan bertameng baja mereka egois, sombong dan akhirnya mengeluarkan senjata pamungkas,”aku lebih tahu keadaanku daripada engkau!!!. Inilah yang sering membuat orang-orang terpedaya dengan slogan, be your self!!!.
Slogan macam apakah yang mereka yang mengusung dengan hawa nafsu???slogan jauh dari fitrahnya, slogan yang dibuat untuk menghancurkan sendi-sendi keimanan, sehingga pundi-pundi amal itu sedikit demi sedikit terkikis sudah dan syetan siap berpesta ria. Bagi mereka yang mengusung slogan itu, tidak berlebihan jika bisa dibilang mematikan cahaya…cahaya perubahan, cahaya kehidupan, sinar yang dapat menembus air minyak yang cahayanya bertebaran kemana-mana. Cahaya Allah…bagaimana mungkin seorang mu’min mencintai slogan itu,,,,
Mereka menghancurkan firman Allah: Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan[768] yang ada pada diri mereka sendiri. Mereka juga mengingkari Rasulullah,”Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.” Dan menghancurkan sendi-sendi lain…
Wahai orang-ornag yang beriman, slogan jadilah dirimu sendiri adalah mempunyai karakteristik tersendiri, diantaranya adalah tidak mau berubah, mempunyai prinsip dengan nafsu, tidak mau untuk menjadi lebih baik, tidak mempunyai teladan sedikitpun dan mereka mengatakan,”TERSERAH GUE, YANG NGELAKUEN GUE…!!!
Engkaupun akan tahu bagaimana watak orang yang kesehariaanya bersama-sama manusia dengan orang bersama benda-banda mati(computer,dll). Cobalah lihat dengan bashirah kita perbedaannya…akan sangat jelas perbedaannya…jauh lebih baik jika kesehariaanya bersama manusia…
Tidak ada jalan lain bagi orang yang ingin menempuh bashirah itu selain dekatkan kepada Allah, kenali sifat-sifatNya, perintahNya, dan Larangan-Nya. Jika kepada kita ditanyakn, apa yang terjadi jika kita masuk kedalam penjagaan Allah???
Entahlah rasanya sangat gampang mencari teori-teori yang dicipta oleh manusia pembangkang…tapi sungguh tidak ada teori selain merujuk kepada Al-Qur’an.
Mari selami tujuan Allah dalam surat al-hujurat:13
 ••           •      •    
13. Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

Laki-laki sungguh beda dengan perempuan, tentunya tidak hanya fisik melainkan unsure-unsur yang sengaja Allah ciptakan. Tidak semua insur laki-laki ada diperempuan begitupun sebaliknya…semunay hamper bersifat membutuhkan satu sama lain..
Tekadang kita begitu kaget tentang seseorang..dan kita terlalu risau dengan seseorag itu, padahal telah jelas bagi siapa yang mengetahui. Akibatnya timbulah permasalahan-permasalahan berwawla dari sini, dikarenakan kita tidak mengetahui dengan pasti seperti apakah keinginan, harapan, ketakuatan dan sejenis itu sehingga kita begitu sulit uantuk mencari cara menuju pemecahan masalah…
Memang hidup ini hanyalah permainan, dan seolah-olah Allah memberi pengarahan jika kita ingin mengetahui, segeralah berkumpul dan berbangsa-bangsa. Supaya saling mengenali satu sama lain, bukan hanya terlihat tapi jauh tentang kondisi seseorang….
Dan setelah kita tahu kondisi seseorang, barulah kita tahu siapa yang terbaik bagi kita, slogan apakah yang akan kita usung, kita tinggikan dan kita banggakan…makanya setelah itu Allah berkata,Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu….
Inilah sesungguhnya sloga yang pantas untuk para pencari hidayah, slogan ini jelas mempunyai khas, memberi harapan, menghancurkan pesimis, menguatkan yang lemah, meningkatkan semangat dan yang paling indah adalah meciptakan cahaya yang sempet padam.
Hanya slogan inilah yang menghantarkan para pemilik cacat menjadi luarbiasa. Bahkan lebih baik dari orang yang Sempurna!! Hanya slogan inilah yang membuat sejarah kisah-kisah orang sukses didunia maupun akhirat…hanya slogan inilah yang mampu menampung slogan-slogan yang searah dengan ini…hanya slogan inilah yang sejatinya menampung Arahan-arahan dalam Islam bersumber dari dua sumber hukum….
Andai aku, anda, semua merindukan itu…mengharapakn itu…mencintai itu, niscaya apa-apa yang kita harapkan selam ini akan membuahkan hasil yang menawan,,indah dan melenakan…

Dan hanya orang-orang anehlah yang berjuang bersama untuk meminta harapan itu, hanya orang-orang asinglah yang menitikan air mata kerinduan untuk merasakan apa yang mereka usahakan…hanya orang-orang Ghurobalah yang membawa kehidupan kita menjadi lebih baik….
Dan kita akan dipertanyakan, kelompok ini membutuhkan pejuang-pejuang utnuk meneruskan misi mereka…misi yang berupa cinta, cinta visi dan misi,,,namun perjuangn itu amatlah sulit..
Apakah engkau berani seperti istri,anak-anak, pambantu fir’aun dimasukan kedalam kuwali yang panas hidup-hidup???
Apakah engkau mau seperti nabi Nuh yang berdakwah siang dan malam hampir seribu tahun tanpa henti, tetapi hidayah itu datang hanya sedikit orang??? Beliau juga ketika berdakwah, orang-orang pada lari sambil menutup telinga mereka dengan jari-jari mereka. Apakah engkau siap seperti itu???
Apakah engkau sanggup berani dan tabah seperti Ibrahim yang benar-benar tidak kuasa ketika akan dibakar api???apakah kita akan teguh dan bersabar ketika jibril mau membantu beliau, tapi Ibrahim menolak,”Aku butuh pertolongan Allah, bukan engkau???
Apakah engkau siap menerima perlakuan seperti Yusuf yang karena ketampanannya membuat kesengsaraan bagi dirinya, menahan nafsu ketika nafsu itu tebuka dengan lebar dan menahan derita ketika dipenjara,,,,???
Apakah engkau ingin seperti nabi Isa yang penuh kemalangan itu???
Apakah engkau ingin seperti Rasulullah yang ketika sholat, seorang kafir menaruh tai onta ketika bersujud???
Apakah engkau ingin seperti seseorang yang ditimbun diatas pasir yang panas kecuali kepalanya, kemudian kepalanya digergaji dengan sangat ngeri???
Apakah engkau bisa seperti abu bakar yang selalu terhimpun segala kebaikan dari dirinya???
Apakah engkau bisa membuat malaikatpun malu seperti para malaikat bertemu dengan Usman bin affan???
Apakah engaku sanggup seperti kisah-kisah mengharukan imam-imam madzhab bagaimana perjuangannya???
Apakah engkau siap untuk berjuang, sedikit tidur, qiyam dan memikirkan persoalan umat seperti halnya imam Syahid Hasan Albana???
Atau Sayyid qutub berakhir ditiang gantungan karena bisa membuat sejarah membahayakan orang-orang penjajah dan kafir????
Dan orang-orang extra ordinary lainya yang tidak mungkin dijelaskan…
Jika engkau siap untuk itu, maka sesungguhnya Engkau telah termasuk jalan ini. Jika sebaliknya kehinaan bagi mereka yang meninggalkan mutiara-mutiara di jalan ini.
Yang lebih indah, lebih bijak, lebih menghidupkan adalah jangan pernah bermain otak,”itu kan para nabi, para sahabat,ulama-ulama???” jika kita dipaksa slogan ini, maka tidak layak untuk ada disini…dijalan ini…
Semuanya adalah mampu,,,dan bisa,,,dan ada batasan-batasan yang kita tidak boleh msuk kedalam batasa rahasia itu,,,,,
Bisa, Semangat Allahu Akbar!!!!

Assalamualaikum….

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Refleksi Syah Dasrun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger